Rabu, 27 April 2011

ARTIKEL-ARTIKEL DESIGN GRAFIS




1. Tahapan membuat desain grafis
  • Pengumpulan informasi
  • Analisis
  • Menyusun tujuan
  • Pendekatan
  • Brainstorming
  • Evaluasi
  • Penyempurnaan
  • Implementasi
2. Proses pengolahan informasi
  • Review data dan hasil riset: data dikumpulkan
  • Reorganisasi informasi: data dipilah sesuai kelompok
  • Restate informasi: data dipilih mana yang diperlukan
  • Readdres Objective Project: pertimbangan rancangan dan data
  • Reword Objective proyek sebagai kriteria desain
3. Ciri-ciri pesan yang jelas
  • Objectif yang fokus
  • Fokus pada penetapan sasaran
  • Tetapkan harapan
  • Pesan tunggal
4. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan desain
  • Klien: komunikator?
  • Audiens: komunikan?
  • Pesan?
  • Feed back: hasil yang ingin dicapai?
  • Reaksi: Motivasi audiens?
  • Lingkungan audiens?
  • Behavioral: tujuan akhir!
5. Pedoman komunikasi yang fokus
  • Tetapkan hierarkhi informasi
  • Tetapkan pesan tunggal
  • Harus dapat meyakinkan audiens
  • Perhatikan karakter, kepribadian, watak
  • Memerhatikan muatan moral
  • Ethics
  • Politik
  • Lifestyle
  • Sistem kepercayaan
  • Penampilan

6. Dalam penyusunan visualisasi sesuaikan dengan elemen-elemen berikut
  • Type
  • Image
  • Layout
  • Struktur
  • Paper  

Bidang desian grafis tidak pernah lepas dari tujuan komersial dan
pengekspresian seni yang disampaikan dalam bentuk visual baik
secara elektonik maupun non elektronik yang di dalamnya
mempunyai arti penyempurnaan pesan untuk dipublikasikan tanpa
memperhatikan tugas spesifik seorang desainer grafis yang
mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan.

Jika dilihat dari beberapa pengertian Desain Grafis di atas, maka
dapat disimpulkan tujuan desain grafis adalah menyampaikan
sebuah pesan kepada audiens (masyarakat) dan menciptakan
desain yang bersifat memaksa kehendak pengirim pesan atau
bersifat menyenangkan yang akan menyempurnakan pesan yang
disampaikan.

Sedangkan manfaat desain grafis dibidang pendidikan dapat
dilihat dari berbagai segi, yaitu :
1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara
menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga
siswa dapat mengimplementasikannya di dalam
lingkungannya.
3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi
desain grafis.
4. Mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah
pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar